Kamis, 10 Mei 2012

Lingkungan Hidup


Lingkungan hidup sangat berarti penting bagi kita, karena lingkungan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan  kita. Kita sudah tau kalau sekarang ini lingkungan yang kita tinggali telah rusak akibat berbagai macam faktor. Akibatnya dapat menimbulkan pencemaran, global warming, efek rumah kaca, kekurangan bahan pangan, krisis air bersih, berkurangnya sumber daya energi dan perubahan iklim.  Dalam mengatasi hal tersebut ada hal yang dapat dilakukan, yaitu :
1.    Penghijauan Massal
Penghijauan adalah reboisasi hutan, pembuatan hutan kota, dan penanaman pohon dilingkungan sekitar, program penghijauan sendiri sudah mulai digalakkan oelh pemerintah, misalkan program penanaman sejuta pohon dll, namun keberhasilan program penghijauan ini akan sukses jika didukug oleh seluruh lapisan masyarakat. Adapun dari kegiata peghiajauan ini dapat mengatasi dampak atau masalah tetang polusi udara, krisis air bersih dan perubahan iklim.
2.   Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell.


3.    Menghemat Energi yang digunakan.

4.   Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

5.    Pencarian Bahan Energi Alternatif
Berbagai pihak, terutama pakar hendaknya memikirkan solusi utuk mencari bahan energi subtitusi, agar ancaman kekurangan sumber daya energi minyak dan gas bumi bisa diatasi. Pencarian alternatif bahan energi itu, misalnya mengusahakan pengolahan biogas, misalkan pengolahan buah jarak sebagai bahan energi, serta masih banyak biogas lain yang dapat diusahakan.
6.    Mengatasi Krisis Air Bersih
Untuk mengatasi krisis air bersih, upaya penyelamatan lingkungan termasuk di antaranya adalah dengan penyelamatan sumber-sumber air, harus dilakukan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Upaya penyelamatan lingkungan demi mengatasi krisis air bersih dapat dilakukan melalui berbagai cara. Menggalakkan gerakan hemat air, menggalakkan gerakan menanam pohon seperti one man one tree, konservasi lahan, pelestarian hutan dan daerah aliran sungai. Pun seharusnya dilakukan pembangunan tempat penampungan air hujan seperti waduk sehingga airnya bisa dimanfaatkan saat musim kemarau. Mencegah krisis air seminimal mungkin dengan memanfaatkan air hujan yang terbuang ke laut dengan membuat sumur resapan air atau lubang resapan biopori. Cara lain untuk melindungi air bersih adalah dengan mengurangi pencemaran air baik oleh limbah rumah tangga, industri, pertanian maupun pertambangan. Dan yang paling penting adalah dengan mencegah sungai atau danau menjadi tempat pembuangan sampah dan limbah.
Dari semua hal yang kita tau tentang keadaan bumi saat ini, maka kita harus selalu menjaga bumi kita dari kepunahan. Terutama pada penghijauan yang banyak membantu pada kelangsungan hidup juga mengatasi adanya global warming dan kebersihan lingkungan yang harus selalu dijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar