Kamis, 24 November 2011

makalah junk food

BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Tahukah Anda bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam makanan instan itu berbahaya?
Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berusaha memenuhi kebutuhan primernya, dan salah satu kebutuhan primer tersebut adalah makanan.
Pada zaman dahulu peranan makanan instan (junk food) bagi para nenek moyang kita belum ada, karena pada zaman dahulu mereka lebih memilih menanam atau beternak sendiri untuk memenuhi bahan pangan yang mereka butuhkan. Tidak hanya sekedar untuk memenuhi bahan pangan tetapi mereka dapat menjualnya sebagai penambah penghasilan. Dari tahun ke tahun dapat dirasakan perkembangan jenis-jenis makanan terutama di negara kita sendiri yang berkembang dengan pesat, salah satunya makanan instan (junk food) karena pengaruh akan makanan luar negeri yang di perkenalkan di Indonesia dan sesuai dengan selera orang Indonesia.
Makanan instan tergolong makanan yang sangat digemari oleh masyarakat terutama bagi para remaja.
Makanan ini sangat beragam dari mulai makanan ringan hingga makanan yang termasuk dalam makanan utama, karena di dalam kemasan sering kita lihat bahan yang disertakan mengandung karbohidrat. Tetapi jangan menganggap makanan ini sangat bergizi bagi tubuh kita karena kita tidak tahu pasti apa saja bahan yang terkandung di dalamnya. Bahkan kita juga tidak tahu bagaimana nantinya tubuh kita apabila kita terus menerus mengkonsumsi makanan instan ini. Dan tahukah kalian bahwa dalam satu kemasan junk food terdapat berbagai macam bakteri berbahaya? Mulai dari bahan makanannya, bumbunya serta
kemasannya. Bakteri-bakteri ini akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan, bisa-bisa kita terkena penyakit atau malah berakibat fatal yang berakhir pada kematian.

RUMUSAN MASALAH
Berbagai masalah yang muncul adalah sebagai berikut :
1. Apakah pengertian junk food?
2. Apa saja jenis junk food?
3. Apa saja bahan yang terkandung dalam junk food?
4. Apa kelebihan serta kelemahan dari junk food?
5. Apa bahaya junk food bagi kesehatan?
6. Bagaimana kita menyikapi tentang adanya junk food?
7.

TUJUAN
Tujuan memilih tema ini untuk memberikan wawasan kepada para pelajar yang belun paham mengenai junk food. Serta mengetahui kandungan yang ada dalam junk food agar masyarakat tahu makanan ini.

METODE PENULISAN
Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yaitu, metode yang mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian. Selain itu metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu, metode dengan pengumpulan data dengan menggunakan indra.






BAB II
PEMBAHASAN

PENGERTIAN JUNK FOOD
Makanan apa yang biasa Anda bawa saat berwisata?
Pasti kita tidak lupa akan makanan ringan, karena makanan ini yang sangat praktis dibawa dan enak dimakan meskipun tidak mengenyangkan. Makanan ringan termasuk dalam salah satu jenis junk food.
Junk food sendiri adalah istilah untuk makanan siap saji yang disiapkan atau disajikan dengan cepat dan mudah. Makanan ini banyak digemari dari mulai anak kecil (balita), remaja hingga orang tua, karena rasanya yang bervariatif serta praktis dalam penyajiannya. Berbagai macam makanan ini antara lain seperti pengganti makanan utama, makanan ringan, minuman, bumbu-bumbu dapur, buah kalengan, dan masih banyak lainnya. Makanan ini sangat berbahaya bagi tubuh kita apabila dikonsumsi setiap hari.
Makanan siap saji sangat mudah ditemui di toko-toko ataupun swalayan, karena harganya yang relatif murah dan makanan ini sering dicari para konsumen. Oleh karena itu, mulai banyak produk rumahan yang memproduksi berbagai olahan makanan siap saji walaupun tanpa takaran yang pas atau tanpa mempedulikan aturan AKG. Dan mereka biasanya memperjualkan produk mereka di toko-toko rumahan.
Biasanya pada saat orang tua mengajak anaknya belanja di swalayan, mereka membiarkan anaknya memilih makanan yang mereka suka. Padahal di swalayan tersedia bermacam-macam makanan siap saji dengan berbagai pilihan. Dan pada usia anak yang relatif butuh perhatian pola makan, apabila dibiarkan mereka akan memilih untuk dibelikan makanan siap saji, seperti chiki (makanan ringan) karena anak-anak menyukai makanan ini.
Dalam pengolahan makanan siap saji, ada yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum disajikan, ada juga yang bisa disajikan secara langsung tanpa perlu diolah kembali. Jenisnya tidak hanya makanan saja, tetapi minuman pun juga. Untuk minuman biasanya bisa langsung dikonsumsi, yang disajikan dalam gelas, botol dan kaleng. Tapi ada juga yang perlu diolah terlebih dahulu biasanya dikemas dalam plastik. Sedangkan dalam makanan, kebanyakan harus diolah terlebih dahulu (biasanya untuk pengganti makanan utama), dan ada juga tanpa proses pengolahan kembali (biasanya dalam makanan ringan).

Jenis Makanan Junk Food
Berbagai jenis makanan junk food sangat mudah kita jumpai. Makanan yang bersahabat dengan selera makan manusia ini sangat beragam, antara lain:
1. Pengganti makanan utama
a. Mie instan
Makanan satu ini memang sangat diminati oleh para konsumen, karena makanan ini praktis dan mudah ditemukan dalam berbagai merk serta variasi rasa, kemasannya pun beragam dan unik sehingga menarik para konsumen. Makanan ini memang mengenyangkan tetapi dibalik kelebihannya itu makanan ini mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita. Bahan kimia tersebut antara lain :
• Penguat rasa (monosodium glutamate)
Bahan kimia ini sering kita temui pada bumbu dalam mie instan yang berfungsi sebagai penguat rasa, sehingga mie instan yang dikonsumsi terasa lebih lezat.

• Pewarna (tartrazin)

• Pengawet (sodium benzoate)
Bahan kimia ini terdapat hampir disemua bahan dalam mie instan, karena bahan ini membuat makanan bertahan lama sehingga mie instan tidak cepat basi.

• Asam folat
Bagi yang menginginkan hidup sehat makanan ini bukan dilarang untuk dikonsumsi, tetapi lebih baik kita jarang untuk mengkonsumsinya karena kesehatan jauh lebih penting.

b. Bubur instan
Bagi para penggemar makanan bubur, bubur instan ini dapat menjadi sarana alternatif bagi mereka agar lebih mudah menikmati dengan rasa yang tidak kalah dari bubur masakan sendiri. Namun tidak banyak konsumen menyukai bubur instan ini. Padahal membuat bubur instan ini sangat praktis, hanya dengan menyiapakan air panas secukupnya dan menuangkan air panas tersebut sambil mengaduk bubur dalam mangkuk. Tidak lupa campurkan semua bumbu yang ada dalam kemasan. Tidak jauh beda dengan mie instan, bubur instan ini juga mengandung bahan kimia. Bahan kimia yang ada dalam bubur instan ini sama dengan bahan kimia yang ada dalam mie instan.
2. Pengganti makanan berprotein
a. Sosis
Banyak orang yang menggemari makanan ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Makanan yang berbahan dasar dari daging ayam dan sapi yang digiling ini mengandung banyak gizi, sehingga banyak orang yang mengkonsumsi karena baik untuk kesehatan. Makanan ini dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan, antara lain hot dog, sandwich, campuran dalam sop, mie, dan nasi goreng. Tapi dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan atau lebih baik mengkonsumsi makanan ini dengan diimbangi oleh sayuran maupun buah. Sekarang ini kita tidak hanya menjumpai sosis dalam kemasan siap masak, tetapi kita juga dapat menjumpai makanan ini dalam kemasan siap makan.
b. Kornet
Makanan yang berbahan dasar sama dengan sosis ini memiliki harga yang relatif mahal. Makanan ini juga dapat dijadikan berbagai olahan masakan, antara lain nasi goreng, sandwich, pasta spaghetti dan masih banyak lainnya. Makanan ini terbungkus dengan kaleng yang sangat rapat, sehingga makanan ini harus terjaga kebersihannya agar tetap higienis. Makanan ini juga harus dijaga kualitas bahan serta kemasannya agar tetap steril. Sehingga para konsumen tidak takut akan bakteri yang dapat cepat berkembang dalam makanan ini.

3. Makanan ringan
a. Snack
Pada usia anak balita, mereka lebih banyak memilih untuk mengkonsumsi makanan ringan ini dibandingkan dengan makanan utama. Bagi anak-anak makanan ini lebih menarik daripada makanan utama karena makanan ini lebih menarik dari segi kemasan, bentuk, rasa dan warna. Bukan hanya itu makanan ini juga lebih praktis untuk dibawa sebagai bekal sekolah, menemani saat belajar dan bermain serta lebih prakis dibawa saat berwisata. Dibalik menariknya makanan ini ternyata di dalamnya mengandung berbagai bahan berbahaya bagi tubuh kita. Bahan tersebut antara lain :
• Penyedap rasa
• Pengawet makanan
• Pewarna makanan
• Pemanis makanan
Walaupun dalam makanan ini mengandung bahan yang berbahaya, namun di dalam kemasan biasanya tercantum AKG yang berdasarkan kebutuhan energy bagi tubuh kita.

b. Biskuit
Biskuit merupakan makanan yang identik dengan roti. Makanan ini dapat dijadikan sebagai pengisi perut saat lapar. Dengan bebagai variasi mulai dari rasa, bentuk dan macamnya. Biskuit juga dapat dipadukan dengan berbagai macam makanan dan minuman, seperti teman minum teh, kopi, es krim, pudding dan sebagainya. Meskipun makanan ini mengandung banyak lemak tetapi ada juga yang mengandung rendah lemak, biasanya ditujukan bagi orang yang sedang diet atau penderita diabetes. Makanan ini bersifat lunak sehingga mudah untuk dihancurkan atau dicerna oleh lambung.
c. Permen
Permen merupakan salah satu makanan yang membuat gigi kita ompong. Makanan ini memiliki beragam rasa dan bentuk. Dari rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat anak-anak tidak sedikit yang menggemari makanan ini. Sebenarnya permen berkualitas baik adalah permen yang apabila saat dimakan masih renyah dan saat digigit permen tidak menempel pada gigi, tetapi permen langsung mencair di mulut. Sehingga saat memakan permen tenggorokan tidak menjadi serak. Jadi para orang tua tidak takut saat anak-anaknya memakan permen.

4. Bumbu dapur
Bumbu dapur pasti lekat dengan semua masakan. Jelas saja, karena jika makanan tanpa bumbu pasti akan terasa hambar. Berbagai macam bumbu makanan sering kita jumpai dari mulai penyedap rasa hingga bumbu yang telah siap pakai untuk berbagai makanan seperti sop, gulai, nasi goreng dan masih banyak lainnya. Sering kita dalam menjumpai makanan yang menggunakan bumbu ini, terlebih pada warung-warung makanan. Karena makanan yang diberi bumbu penyedap akan terasa lebih gurih. Tapi dibalik kelebihan bumbu ini terdapat zat yang akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Dampak tersebut antara lain :
• Apabila dikonsumsi terus menerus dapat mengakibatkan kanker
• Menggangu organ dalam
• Melemahkan kinerja otak
• Membuat kecanduan


5. Minuman

Minuman yang sering kita jumpai diwarung-warung ini memiliki harga yang bervariatif. Minuman ini juga memiliki berbagai macam rasa, bukan hanya buah-buahan saja tetapi ada juga kopi, teh, susu, jahe, bahkan jamu kemasan pun sekarang sudah ada. Minuman ini sangat prakis sehingga dapat menjadi solusi saat kita menginginkan jus buah tetapi kita tidak memiliki buah yang kita inginkan, kita bisa membeli minuman kemasan tinggal sedu dengan rasa yang kita inginkan. Atau bisa juga membeli yang sudah siap minum, biasanya dikemas dalam kemasan botol ataupun kaleng.









BAHAN YANG ADA DALAM JUNK FOOD
Mengkonsumsi makanan siap saji (junk food) secara berlebihan sangat berisiko bagi kesehatan. Terlebih makanan ini mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh kita. Bahan-bahan kimia tersebut antara lain pewarna makanan, pengawet, penyedap, pemanis, lemak jenuh dan lemak trans (trans fat). Makanan ini umumnya juga tidak cukup mengandung vitamin C, zat besi, garam asam folat, dan riboflavin, kurang serat, tinggi kalori, lemak, serta garam.
Tahukah Anda bahwa tubuh kita memerlukan sejumlah jenis lemak tertentu yang bermanfaat?
Lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal sangat diperlukan oleh tubuh kita yang dapat ditemukan pada kacang-kacangan, minyak ikan dan minyak sayur. Tetapi dalam berbagai produk seperti mentega, pastri dan fast food, lemak yang bermanfaat bagi tubuh kita diganti dengan lemak yang berbahaya bagi tubuh kita, yakni seperti lemak trans dan lemak jenuh. Bahayanya yang akan didapat apabila semakin banyak kita mangkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, maka semakin besar pula dampak buruk yang timbul.
Yang dimaksud lemak trans ini adalah jenis lemak yang dapat ditemukan pada bentuk artifisal dalam produk-produk pastri. Sebagian besar lemak trans disintetiskan secara artifisal melewati proses kimia yang menambah hidrogen ke dalam minyak sayur. Dalam bahasa sederhana, itu artinya mengubah minyak cair menjadi lemak padat.
Sangat berbahaya apabila kita mengkonsumsi makanan yang terdapat lemak trans ini, terlebih dalam mengkonsumsinya dilakukan dalam jangka waktu yang terbilang sering. Berbagai penyakit dapat mengancam kesehatan kita, seperti penyakit jantung, meningkatkan risiko mengidap depresi dan menurunkan kadar HDL kholestero.




BAHAYA JUNK FOOD BAGI KESEHATAN
Makanan cepat saji umumnya tidak cukup mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu makanan cepat saji (junk food) dapat dikategorikan sebagai makanan penyebab timbulnya berbagai penyakit. Karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuat makanan ini tidak sehat. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain menyebabkan seseorang menderita jantung, dapat meningkatkan risiko mengidap depresi, penuwaan sejak dini, obesitas (kegemukan), kanker hingga berujung pada kematian.
Makanan siap saji dalam pengganti makanan utama umumnya sangat lezat apabila disajikan (disantap) dalam keadaan panas. Tapi justru dalam keadaan panaslah makanan ini berbahaya untuk disantap, karena bakteri penyakit yang ada dalam makanan siap saji akan mudah berkembang biak dalam keadaan seperti ini.
Pada beberapa kasus yang dialami oleh para ibu-ibu hamil, apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji maka akan berakibat buruk pada janin yang ada dalam kandungan. Sehiungga dapat menyebabkan bayi lahir tidak normal atau cacat.

Kelebihan dan Kelemahan Mengkonsumsi Junk Food
1) Kelebihan junk food
• Memiliki berbagai macam rasa dan merk
• Rasanya enak
• Lebih praktis
• Kemasannya menarik
• Mudah dijumpai dimana saja
• Banyak dicari oleh para konsumen

2) Kelemahan junk food
• Terdapat berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita
• Tidak baik bagi kesehatan
• Tidak baik apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama
• Dapat menimbulkan berbagai macam penyakit

CARA MENYIKAPI ADANYA JUNK FOOD
Makanan siap saji memang berkesan seperti makanan yang tidak sehat. Tapi jenis makanan ini tidak terlalu merugikan kesehatan selama tidak dijadikan makanan sehari-hari. Imbangi makanan seperti ini dengan lebih banyak makanan segar dan bergizi, seperti jus buah, sayuran, atau selada segar. Beberapa jenis junk food biasanya harus dimasak dan disiapkan beberapa jam sebelumnya. Setelah ini harus menunggu beberapa jam lagi dalam wadah panas agar tetap hangat, sementara temperature yang hangat justru sangat ideal bagi pembiakan bakteri penyakit pada makanan.
Hidangan junk food biasanya berupa burger atau ayam goreng tepung dengan kombinasi roti, nasi, kentang goreng atau kentang tumbuk, dan sayuran hanya sedikit. Beberapa kedai bahkan melengkapi paket makanan tersebut dengan satu gelas kecil coke. Makanan ini boleh dikonsumsi sekali- sekali. Namun yang paling baik memang tetap memisahkan protein dari zat pati. Misalnya Anda ingin burger atau ayamnya, singkirkan roti, nasi, atau kentangnya. Pesan ekstra selada untuk mengimbangi asupan protein. Ganti coke-nya dengan air putih atau air jeruk. Jangan lupa minum air jeruknya sebelum makan, agar zat kimia yang terkandung dalam makanan siap saji dapat ternetralisir oleh air jeruk.
Meskipun kita mengkonsumsi junk food setidaknya kita juga mendapat asupan gizi dari beberapa sayuran dan buah. Jangan remehkan sayur yang terdapat dalam junk food, meskipun sedikit tetapi sangat bermanfaat bagi tubuh. Bila perlu perbanyak sayurnya agar tubuh kita tetap terpenuhi oleh kandungan makanan yang bergizi.






Makanan Sehat Selain Junk Food
Ada pepatah yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Ya, pepatah ini memang tidak salah. Sehat memang menjadi impian bagi setiap orang, karena dengan sehat aktifitas akan berjalan lancer dan tidak menjadi beban orang lain, khususnya keluarga bahkan orang disekitar kita. Ingin hidup sehat tidak terlalu susah asalkan kita dapat menjaga pola makan, berolahraga teratur dan banyak minum air putih.
Di jaman modernisasi seperti sekarang ini pasti banyak masyarakat yang lebih memilih hidup praktis, yah salah satunya dengan mengkonsumsi Junk Food. Namun ada baiknya kita mengkonsumsi makanan sehat selain Junk Food dan mulai membiasakan kebiasaan tersebut pada anak-anak selagi masih kecil. Contoh sederhananya ibu-ibu rumah tangga dapat mengajak putra-putrinya saat membuat kue, pasti anak-anak akan senang dilibatkan dalam memasak. Memasak bersama akan menjadi mainan tersendiri bagi mereka yang menyenangkan. Selain itu mereka akan lebih puas dengan hasil makanan yang dibuatnya sendiri. Dengan cara ini kita akan membiasakan anak-anak untuk mengurangi jajan diluar dan memperbaiki kandungan gizi bagi tubuh mereka.
Dalam pengolahan makanan junk food sebaiknya kita menghindari penggunaan bumbu yang ada dalam kemasannya dan menggantinya dengan bumbu olahan sendiri, misalnya dengan menggunakan bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan bumbu dapur lainnya. Sehingga dalam pengolahan makanan sendiri kita dapat mengetahui bahan-bahan yang digunakan sudah steril atau belom. Kita juga dapat menambahkan berbagai sayuran yang segar sehingga dapat mempercantik penampilan dan dapat menambah selera makan kita.
Dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari usahakan kita mendapat asupan yang mencukupi kebutuhan kalori, gizi, serat atau zat pada tubuh kita. Dalam mencukupi kebutuhan tubuh tersebut kita dapat memenuhinya dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, seperti karbohidrat, protein, makanan bervitamin, makanan berserat serta susu sebagai minuman pelengkapnya.



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari makalah tersebut penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Tidak sedikit masyarakat yang menggemari makanan siap saji (junk food), dari anak-anak sampai orang dewasa.
2. Makanan ini berbahaya bagi kesehatan kita karena mengandung berbagai bahan kimia

SARAN
Dari makalah tersebut penulis dapat memberi saran sebagai berikut:
1. Disarankan untuk para orangtua sebaiknya mengawasi pola makan anak atau jika perlu orangtua mengajak anak untuk membuat makanan bersama yang lebih sehat dan bermanfaat bagi anak.
2. Mengurangi penyediaan makanan siap saji di rumah, seperti cemilan.
3. Memberikan pengetahuan pada anak tentang bahaya makanan siap saji bagi kesehatan.
4. Sebaiknya dalam membeli produk junk food kita lebih memperhatikan bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Mulai dari kemasannya sampai isi makanannya.
5. Janganlah menjadi pembeli yang konsumtif

DAFTAR PUSTAKA

Ambarwati, Sri, dkk. 2006. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI. Klaten : Viva Pakarindo
Gunawan, Andang. 2002. Food Combining Combinasi Makanan Serasi, Jakarta : Gramedia
Parrete, Lorraine. 2003. Makanan Untuk Otak. Jakarta : Gramedia
Sumber lain :
www.google.com

2 komentar:

  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus
  2. I''m Charlotte Johnson,65  years old, Here in Edmonton, Canada. With the new herbal mix medicine I purchased from Dr James herbal mix medicine West Africa  was my only way to get rid of my Alzheimer's, the herbal  mix medicine effectively reversed my condition and alleviate all symptoms.  I was initially very hesitant to discuss my Alzheimer but I just hope it can still help someone. I feel this will be very important information for all Alzheimer patients, because the most violent element in society today is ignorance. Be it any condition, a healthy diet and natural herbs and roots medicine from Dr. James is the road to fast recovery. I had suffered Alzheimer for many years, I fought for proper medical recommendation, care  and all form of humane treatment with little improvement I went through many sleepless nights and periods of intense grief, as do most families. I was recommended by a friend to use Dr. James herbal mix medicine for my Alzheimer with high hope and assurance. I never doubted my friend but to contact Dr. James. And purchased His herbal mix medicine which was effective and I finally feel my Alzheimer is gone with no more symptoms. He also told me that he cures diseases such as  Lungs diseases, kidney diseases, Warts, Bipolar disorder, Shingles,  HPV, ALS, CANCER, NEPHROTIC SYNDROME, HIV / AIDS, Herpes virus, Ovarian Cancer, Pancreatic cancers, bladder cancer, prostate cancer, Glaucoma., Cataracts, Macular degeneration, Cardiovascular disease, Autism. Enlarged prostate, Osteoporosis. Alzheimer's disease, psoriasis, Tach Diseases, Lupus, Backache, dementia, skin cancer,.testicular Cancer, Leukemia, HEPATITIS A, B, C, Contact  the great one on his email    greatcureman@gmail.com
    Info @ drjamesherbalmix@gmail.com

    BalasHapus